You are here
Home > K-Profiles

Profil & Biodata BTS: Awalnya Diremehkan, Kini Jadi Pujaan

Profil & Biodata BTS

Profil & Biodata BTS – Debut tahun 2013 melalui agensi kecil, mungkin tak banyak yang menyangka BTS bisa sesukses sekarang. Di awal kariernya pun, idol group yang juga dikenal sebagai Bangtan Boys ini kerap dicibir dan dipandang sebelah mata.

Cemoohan soal nama grup yang dianggap aneh sampai tuduhan memanipulasi penjualan album sempat mereka terima. Sebagian k-netizen bahkan menganggap mereka tidak pantas memenangkan beberapa penghargaan dan mengalahkan idol group lain.

Lantas, bagaimana ceritanya mereka bisa menjelma menjadi idol group yang mendapat pengakuan internasional dan memiliki fans dari berbagai penjuru dunia? Simak profil dan biodata lengkap BTS ini untuk tahu jawabannya!

Profil & Biodata BTS

Nama grupBTS, Bangtan Boys, 방탄소년단 (Bangtan Sonyeotan)
Tanggal debut13 Juni 2013
LabelBig Hit Entertainment
MemberRM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, Jungkook
FanclubARMY

Profil & Biodata Member BTS

1. RM

Profil & Biodata RM BTS

Nama panggungRM (dulu Rap Monster)
Nama asliKim Nam Joon
Tempat, tanggal lahirIlsan, 12 September 1994
Tinggi badan181 cm
Berat badan67 cm
PosisiLeader, main rapper

2. Jin

Profil & Biodata Jin BTS

Nama panggungJin
Nama asliKim Seok Jin
Tempat, tanggal lahirGwangcheon, 4 Desember 1992
Tinggi badan179 cm
Berat badan60 kg
PosisiVocal, visual

3. Suga

Profil & Biodata Suga BTS

Nama panggungSuga
Nama asliMin Yoon Gi
Tempat, tanggal lahirDaegu, 9 Maret 1993
Tinggi badan176 cm
Berat badan59 kg
Posisilead rapper

4. J-Hope

Profil & Biodata J-Hope BTS

Nama panggungJ-Hope
Nama asliJung Ho Seok
Tempat, tanggal lahirGwangju, 18 Februari 1994
Tinggi badan177 cm
Berat badan65 kg
PosisiLead rapper, main dancer

5. Jimin

Profil & Biodata Jimin BTS

Nama panggungJimin
Nama asliPark Jimin
Tempat, tanggal lahirBusan, 13 Oktober 1995
Tinggi badan175 cm
Berat badan61 kg
PosisiLead vocalist, main dancer

6. V

Profil & Biodata V BTS

Nama panggungV
Nama asliKim Taehyung
Tempat, tanggal lahirDaegu, 30 Desember 1995
Tinggi badan178 cm
Berat badan58 kg
PosisiVocalist

7. Jungkook

Profil & Biodata Jungkook BTS

Nama panggungJungkook
Nama asliJeon Jungkook
Tempat, tanggal lahirBusan, 1 September 1997
Tinggi badan178 cm
Berat badan66 kg
PosisiMain vocalist, maknae

Kisah Awal Dibentuknya BTS

Cikal bakal terbentuknya BTS bermula di tahun 2010. Tepatnya saat Bang Si Hyuk, CEO Big Hit Entertainment, bertemu dengan Kim Nam Joon (RM) dan terkesan dengan kemampuan rapnya. Bang Si Hyuk kemudian merekrut RM dan memasukkannya dalam duo hip hop bersama Iron.

Ya, awalnya, Bang Si Hyuk memang berniat untuk membuat grup hip hop yang menyerupai 1TYM dari YG Entertainment. Namun setelah sempat menambah personil termasuk Jung Hoseok (J-Hope) dan Min Yoongi (Suga), ia berubah pikiran. Pria yang pernah menjadi komposer dan produser di JYP Entertainment ini ingin mengubah konsep grup asuhannya menjadi idol.

Beberapa personil yang kurang setuju dengan konsep tersebut pun keluar. Sebagai gantinya, Bang Si Hyuk mengadakan audisi dan merekrut Jeon Jungkook dan Kim Taehyung (V) di tahun 2011, lalu Kim Seokjin (Jin) serta Park Jimin di tahun berikutnya.

Resmi Debut

2 Cool 4 Skool

Januari 2013, profil dan biodata member BTS mulai diperkenalkan ke publik. Terkecuali V yang terus disembunyikan hingga mereka resmi debut pada 13 Juni dengan “2 Cool 4 Skool.” Single album tersebut berisi sembilan track dengan “No More Dream” sebagai lagu andalan. Kabarnya, Suga dan RM bekerja keras menulis dan merevisi lagu tersebut hingga lebih dari 20 kali sebelum dirilis. Hebat, ya!

Masih di tahun yang sama, BTS mencatatkan “O!RUL8,2?” sebagai album kedua ke dalam profil dan biodata mereka. Seperti album debut mereka, “O!RUL8,2?” terjual lebih dari puluhan ribu kopi di tahun pertamanya. RM cs pun sukses meraih piala New Artist of the Year di beberapa penghargaan. Di antaranya di Melon Music Awards, Golden Disc Awards, dan Seoul Music Awards tahun itu juga.

Perlahan tapi pasti, popularitas mereka naik. Dua album yang mereka rilis di tahun 2014, “Skool Luv Affair” dan “Dark & Wild” bahkan berhasil terjual hingga ratusan ribu kopi. Bangtan juga sukses menggelar konser di Korea dan Jepang pada 2014 dan 2015.

Digoyang Kontroversi Seiring Meningkatnya Popularitas

Tuduhan Memanipulasi Penjualan Album

Tahun 2015, popularitas BTS kian menanjak. Mini album “The Most Beautiful Moment in Life, Part 1” yang mereka rilis bulan Maret bahkan berhasil menduduki peringkat 1 Gaon Album Chart mingguan. Sayangnya, prestasi itu justru dianggap sebagai bentuk kecurangan oleh sebagian netizen. Mereka menuduh Bangtan melakukan sajaegi atau manipulasi penjualan album.

Pasalnya, mereka mampu menjual 47 ribu kopi album dalam empat hari. Padahal album sebelumnya hanya terjual 15 ribu kopi dalam satu minggu. Apalagi ada saat di mana grafik penjualan tiba-tiba meningkat di malam hari, waktu yang dianggap tidak wajar untuk membeli album oleh netizen. BTS pun sempat mengalahkan Big Bang di Gaon Album Chart dan M! Countdown.

Meski pihak Big Hit sudah membantah, masih banyak netizen yang tidak percaya. Namun, tuduhan perlahan mereda setelah para ARMY (sebutan fans BTS) memberikan klarifikasi di forum-forum.

Mereka menjelaskan kalau grafik terkesan melesat di malam hari karena penjualan album dilakukan secara offline. Sementara itu, pihak penjual baru memasukkan datanya di satu waktu. Bangtan pun punya fanbase yang cukup besar di luar Korea Selatan yang mau membeli album tersebut.

Nyatanya, meski mendapat hujatan dari sebagian k-netz, RM cs justru mendapat pengakuan dari luar negeri. Media Amerika “Fuse” bahkan memasukkan “The Most Beautiful Moment in Life, Part 1” dalam daftar 27 Best Albums of 2015 So Far. Mereka menjadi satu-satunya artis Korea Selatan yang berhasil masuk dalam daftar tersebut.

Tuduhan Plagiat

Di tahun yang sama, sang leader RM juga sempat dituduh melakukan plagiat, tepatnya saat bekerja sama dengan Primary dalam lagu “U.” RM kemudian meminta maaf, mengatakan kalau ia terkadang mendapatkan inspirasi dari buku, film, interview, dll. Ia merasa bersalah karena tidak mencari tahu sumber asli kutipan yang menginspirasinya dalam menulis lirik lagu tersebut.

Pecahkan Rekor demi Rekor

Sempat tersandung kontroversi tak membuat grup yang mengidolakan Queen ini patah arang. Rekor demi rekor bahkan berhasil BTS pecahkan dan torehkan dalam profil dan biodata mereka.

“Wings”

Wings

“Wings” yang mereka rilis Oktober 2016 memecahkan rekor sebagai album dengan penjualan tertinggi sepanjang sejarah Gaon Monthly Chart. Album ini juga memiliki penjualan terbaik selama 2016, mengantarkan Bangtan meraih Record of the Year di Seoul Music Awards ke-26. Juga Album of the Year (4th quarter) di Gaon Chart Music Awards ke-6 dan Disk Bonsang di Golden Disc Awards ke-31.

Album ini pun duduk di rangking 26 Billboard 200 dan memecahkan rekor penjualan album K-Pop terbanyak di Amerika saat itu. “Wings” juga menjadi album K-pop pertama yang berhasil masuk di UK Album Chart dengan menduduki posisi ke-62.

“Blood Sweat & Tears”

Track andalan “Wings” yang bertajuk “Blood Sweat & Tears” pun tak kalah berprestasi. Lagu ini mencetak all-kill dan menjadi lagu pertama BTS yang duduk di rangking 1 Gaon Digital Chart mingguan. Videoklipnya pun ditonton lebih dari 6 juta kali dalam waktu 24 jam, memecahkan rekor sebagai video musik K-pop terbanyak dalam sehari. Tak lama berselang, video ini tercatat sebagai video musik K-pop yang paling cepat mendapatkan 10 juta views.

Dengan sederet pencapaian itu, tak heran kalau Bangtan digelari Artis of the Year di Mnet Asian Music Awards 2016. Mereka pun menjadi artis pertama di luar “Big Three” (SM, YG, JYP) yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut.

“Spring Day”

Tak berhenti di situ, rilis-rilis BTS selanjutnya juga menuai sukses. Salah satunya “Spring Day,” lagu andalan album “You Never Walk Alone” yang merupakan versi repackaged dari “Wings.” Saat dirilis Februari 2017, “Spring Day” sempat membuat layanan streaming terbesar Korea Selatan, Melon, down karena banyaknya pengguna yang ingin mendengarkan. “Spring Day” juga menjadi lagu idol yang bertahan paling lama di chart Melon.

Sukses Besar di Amerika

BTS Billboard Music Awards

Seakan belum puas dengan prestasinya, BTS terus mencatatkan pencapaian baru, bahkan yang sulit dicapai idol lain sebelumnya. Tahun 2017, grup ini menggelar konser dunia bertajuk “BTS Live Trilogy Episode III: The Wings Tour” di 12 negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, Jepang, dan Hong Kong. Total penonton yang hadir sebesar 550.000, hebat ya!

Hebatnya lagi, mereka tak serta merta manggung di venue besar. Namun secara bertahap pindah dari hall, arena, sampai akhirnya mampu menggelar konser di dome.

Tiket konser mereka di AS pun terjual habis dalam hitungan menit. Saking tingginya permintaan, Bangtan Boys sampai menambah jadwal konser mereka di sana. Mereka pun menjadi artis K-pop pertama yang mampu menjual habis tiket konser yang diadakan di venue seukuran arena di AS.

Tak lama setelah menuntaskan konser mereka di AS, BTS diundang hadir di pagelaran Billboard Music Awards 2017. Tak sekadar hadir, mereka suskes membawa pulang piala Top Social Artist dan menjadi artis K-pop pertama yang meraihnya.

Pecahkan Rekor di Amerika

Love Yourself: Her

Masih ada lagi pencapaian yang pasti bikin ARMY bangga saat membaca profil dan biodata BTS ini. Di album “Love Yourself: Her” yang dirilis September 2017, BTS berkolaborasi dengan beberapa artis internasional. Antara lain dengan Andrew Taggart The Chainsmokers di “Best of Me” dan rapper Desiigner di “Mic Drop” yang di-remix oleh Steve Aoki.

Album ini berhasil debut di rangking 7 Billboard 200 dengan penjualan sebanyak 31 ribu kopi. Dalam satu bulan, “Love Yourself: Her” juga terjual lebih dari 1,2 juta kopi di Gaon Album Chart dan memecahkan rekor penjualan bulanan terbesar sepanjang sejarah. Penjualan tersebut juga menjadi yang tertinggi selama 16 tahun di seluruh chart Korea Selatan.

“DNA” yang merupakan lagu utama “Love Yourself: Her” pun mengantarkan mereka menjadi boyband K-pop pertama yang masuk Billboard Hot 100 di rangking 85, sebelum akhirnya naik ke rangking 67. Rekor itu kemudian mereka patahkan sendiri dengan “Mic Drop” yang sukses duduk di rangking 28.

Baik “DNA” dan “Mic Drop” lalu mendapatkan sertifikasi Gold. Bangtan Boys pun menjadi artis K-pop pertama dan satu-satunya yang berhasil mendapakan dua sertifikasi. “Mic Drop” bahkan akhirnya mendapatkan setifikasi platinum di Amerika Serikat.

November 2017, BTS menjadi artis K-pop pertama yang tampil di American Music Awards. Masih di bulan yang sama, mereka juga masuk Guinness World Record sebagai grup musik dengan engagement Twitter tertinggi di dunia.

Love Yourself: Tear & Love Yourself: Answer

BTS Love Yourself: Tear

Dari situ, popularitas internasional mereka kian melambung. BTS pun terus mencatatkan pencapaian baru di profil dan biodata mereka. Buktinya, album “Love Yourself: Tear” sukses debut di puncak Billboard 200 dengan penjualan setara 135 ribu kopi. Album berikutnya, “Love Yourself: Answer” berhasil meraih pencapaian serupa, sehingga mereka menjadi artis pertama dengan dua album yang berhasil memuncaki Billboard 200 dalam satu tahun setelah One Direction.

“BTS World Tour: Love Yourself” yang mereka gelar di Amerika pun tak kalah sukses. Setelah sebelumnya mereka berhasil menggelar konser di venue setara arena, di rangkaian konser ini mereka mampu menjual habis tiket di venue setara dome, bahkan stadium. Tiket sejumlah 40 ribu lembar bahkan berhasil terjual habis dalam 20 menit.

Februari 2019, mereka menjadi artis Asia pertama yang lagunya distreaming lebih dari 5 miliar kali di Spotify. Majalah Time juga memasukkan BTS dalam daftar orang paling berpengaruh sepanjang 2019.

Gimana, makin kagum, kan, setelah baca profil dan biodata BTS ini? Dari yang awalnya dicela dan dipandang sebelah mata, mereka berhasil menjadi artis yang dipuja di berbagai penjuru dunia. Patut berbangga hati, nih, para ARMY!

Leave a Reply

Top